Harga EMAS Bukan Segalanya

Harga EMAS Bukan Segalanya


 
Emas 10 Thn Terahir Thd $US Naik 294% Thd Rp Naik 406% Thd Euro Naik 192%Melihat trend harga Emas menurun, banyak teman-teman menanyakan pada saya, kapan waktunya membeli Emas yang tepat? Saat yg paling tepat membeli Emas adalah saat kita punya uang..... ;-)

Seringkali saya membeli Emas tidak memperhatikan kondisi harga turun atau naik, karena saya dalam ber-investasi Emas
tidak mem-presepsikan diri sebagai pedagang Emas. Tapi saya membeli Emas untuk investasi jangka menengah (1-5 tahun) dengan tujuan melindungi nilai asset terutama dari inflasi. Inflasi adalah faktor ketidakpastian terbesar yang paling sulit diatasi, secara diam-diam inflasi merampok asset Anda, menurunkan daya beli uang kertas Anda. Dan ini tidak hanya dialami oleh uang Rupiah (inflasi terburuk rupiah dalam 10 tahun terahir pernah mencapai 78%), mata uang dunia yang selama ini dianggap perkasa yaitu Dollar Amerika dalam 10 tahun terahir daya belinya terhadap Emas turun tinggal 30%, dan dalam 40 tahun terahir daya beli Dollar Amerika terhadap Emas tinggal 4% saja!

Jadi, seringkali saya tidak peduli kondisi harga Emas saat ini, mau naik atau turun ketika saya punya dana lebih untuk investasi Emas saya akan tetap beli, apalagi belinya pake Jurus Cerdas Berkebun Emas. Dalam beberapa tulisan mendatang, saya akan coba bahas mengenai hal ini.

Pertimbangan harga Emas sering menjadi faktor utama bagi kebanyakan orang, tapi sayangnya ini bukanlah alasan yang tepat. Harga hanya merupakan pertimbangan penting kedua. Berikut ini adalah tulisan dari James Turk di www.KitCo.com, ia adalah pendiri dan chairman dari GoldMoney.com dan juga salah satu penulis buku yang menghebohkan The Coming Collapse of The Dollar.

Pertimbangan mebeli Emas yang lebih penting adalah:

1. Motivasi untuk strategi ketahanan financial. Emas sudah terbukti dan teruji dalam rentang waktu yang sangat panjang dalam melawan Inflasi. Orang cenderung akan membeli Emas apabila ia tahu inflasi akan memburuk.

2. Emas sebenarnya bukan alat investasi yang sesungguhnya. Untuk membeli minyak yang sama dibutuhkan jumlah emas yang relatif sama dalam enampuluh tahun terahir. Jadi ber-investasi Emas untuk mengharapkan dapat membeli jumlah barang yang lebih banyak dalam beberapa tahun yang akan datang, pada umumnya bukanlah alasan yang tepat. Tetapi dengan Emas pula ada jaminan bahwa kita akan dapat membeli jumlah barang yang sama (tidak berkurang) dalam beberapa puluh tahun kedepan. Jadi Emas adalah alat untuk mempertahankan kemakmuran, tetapi bukan untuk meningkatkan.Saya jadi ingat kata-kata guru saya Tung Desem W, “EMAS TIDAK MEMBUAT ORANG MAKIN KAYA, TAPI EMAS MEMBUAT ORANG TETAP KAYA”. Hehehe… pendapat itu mungkin saat ini harus dirubah sekarang… James Turk dan Tung Desem belum tahu Jurus Cerdas Berkebun Emas — dengan jurus ini bisa me-leverage pembelian Emas kita

3. Uang Kertas hanya dapat menyimpan nilai sementara, kalau kelamaan kita menyimpannya , maka daya belinya pasti turun. Sebaliknya Emas terbukti menjadi PENYIMPAN NILAI yang bersifat permanen, daya belinya tidak menurun dengan berlalunya waktu.

No comments:

Beli emas cuma dengan Rp.500,-!! Mau?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...