Punya Uang Rp. 1.000.000 akan saya gunakan untuk apa ?

Seandainya Punya Uang Rp. 1.000.000 akan saya gunakan untuk apa ?


Seandainya anda punya rejeki mendapatkan bonus Rp. 1.000.000,- dari atasan anda, akan anda gunakan untuk apa uang tersebut?

Mungkin sebagian dari anda akan mempergunakan untuk belanja, membeli susu untuk anak, membayar cicilan hutang (buat yang lagi punya hutang), beli perhiasan, modal usaha dsb. Ada juga yang mulai menghitung2 seandainya buat kebun emas
bisa apa tidak ya? kalau bisa, untuk main berapa gram dengan modal 1 juta itu?

Jawabannya bisa. Untuk berapa gram, tergantung berapa nilai taksir nya. Bagi yang sudah mulai melakukan beli gadai di bank syariah tentu sudah bisa menghitungnya. Kira2 dengan modal 1 jt anda bisa bermain kurang lebih 10gr (emas lokal). Kalau untuk main emas antam jumlahnya lebih sedikit dgn kondisi harga sekarang.

Coba bandingkan dengan gold trading secara online.

Karena saya menggunakan Libertyreserve, maka akan saya coba hitungkan berdasarkan harga $ Libertyreserve.
Kurs beli $ Libertyreserve saat ini rata-rata Rp. 9.500,- . Jadi dengan modal 1 juta anda akan memiliki kira-kira $105 Libertyreserve.

Bagaimana perhitungannya jika $105 tersebut digunakan untuk gold trading? Hitungan kasarnya kira-kira seperti di bawah ini.

Untuk 1 quantity bermain di komoditi anda membutuhkan margin sebesar 1% dari harga komoditi tersebut. Misalnya anda ingin beli 1 quantity emas, dan harga emas saat anda akan masuk market adalah $1,600 / troy ounce, maka anda membutuhkan margin sebesar 1% x 1600 = $16, sehingga dana anda harus ada diatas itu karena sisanya akan digunakan untuk menahan pergerakan harga.

Dengan modal $105 dan margin $16, maka anda akan memiliki free margin sebesar $89 dan ini yang akan anda gunakan untuk menahan pergerakan harga yang naik turun. Jadi dengan modal $105 anda akan bisa bermain 1 quantity gold (1 qty = 1 troy ounce = 31,1035 gram ). Bandingkan dengan anda bermain emas fisik, hanya dapat 10 gram, lokal dan masih mikir biaya titip pula.

Free margin tersebut berguna untuk menahan pergerakan harga apabila ternyata setelah melakukan transaksi baik BUY/SELL ternyata harga bergerak berlawanan arah dengan target kita.

Misalkan pada posisi $1600 anda melakukan transaksi BUY dengan harapan harga akan naik. Ternyata dalam perjalanannya harga justru malah turun menjadi $1590 maka anda masih dalam posisi rugi $10. dengan free margin $89 maka transaksi anda masih aman (tidak kena margin call). Kalau free margin anda tidak mencukupi untuk menahan pergerakan harga maka secara otomatis sistem akan menutup transaksi anda dengan posisi rugi .

Bagaimana kalau dengan modal $105 tadi digunakan untuk main 2 quantity? perhitungannya sama saja tetap 1% x 2qty x $1600 = $32 . Tetapi free margin anda untuk menahan pergerakan harga akan berkurang.

Bagaimana menghitung profitnya? Sebenarnya tidak perlu menghitung berapa keuntungan dan berapa kerugiannya karena sistem secara otomatis yang akan menghitung. Hanya sebagai gambaran saja.....

Misalkan anda BUY di posisi harga $1600 ... lalu 1 jam kemudian harga naik menjadi $1615,50 berarti ada kenaikan $ 15,50. Itulah profit anda per quantity. Misal main 1 qty berarti profit $15,50 kalau main 2 qty berarti 2 x $15,50.

Bandingkan dengan bermain emas fisik dengan beli gadai.
1. Online 31,1035 gr VS fisik 10 gr.
2. Online harga pasti VS fisik harga tidak pasti
3. Online main 24 jam Vs fisik bisa main nunggu harga keluar, antri pula untuk transaksi

dll

Tulisan saya diatas tidak bermaksud untuk meracuni kawan2 untuk berpindah dari bermain fisik ke bermain online (karena saya juga tetap akan bermain fisik disamping bermain online). Hanya sekedar untuk berbagi informasi saja bahwa untuk bermain emas belum tentu membutuhkan modal besar. Butuh modal besar kalau emas yang kita mainkan besar juga.

Bertransaksilah sesuai kemampuan keuangan anda. Jangan serakah, bisa2 tidak jadi untung malah buntung.

Semoga bermanfaat ...

No comments:

Beli emas cuma dengan Rp.500,-!! Mau?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...