Cara Menghitung Harga Emas Perhiasan


          Sejak zaman dahulu emas telah digunakan untuk berbagai tujuan, baik sebagai alat pembayaran, untuk asesoris rumah ataupun sebagai perhiasan. Dikarenakan emas murni 24 karat 100% apabila digunakan terlalu lembek apabila dibentuk maka dalam proses pembuatan pernik-pernik dari emas kemudian dicampur dengan suatu jenis logam lain sehingga dapat dibentuk dan tidak lembek. Kadarnya bervariasi menurut besar kecilnya bahan campuran, bisa jadi 18 karat, 21 karat, 22 karat dan sebagainya.

         Emas yang kita beli dalam bentuk emas perhiasan bukanlah emas murni 100% (24 karat). Emas murni 24 karat biasa kita dapati dalam bentuk batangan emas. Jika kita membeli perhiasan 22 karat itu artinya terdapat 22 bagian emas sedangkan 2 bagian lainnya adalah campurannya.

         Berbicara mengenai emas perhiasan, seringkali kita mendengar ada emas tua dan emas muda. Emas tua adalah emas dengan kadar campuran bahan lain yang rendah sedangkan emas muda adalah emas dengan kadar campuran logam lain yang tinggi. Emas tua biasanya berkadar 21 karat sampai 24 karat, sedangkan emas muda di bawah 21 karat.

      Kadar campuran dalam emas perhiasan sangat mempengaruhi harga emas perhiasan tersebut, selain tentunya model perhiasan tersebut up to date atau tidak serta tingkat kesulitannya.

Bagaimanakah cara menghitung harga emas perhiasan?

      Menghitung harga emas perhiasan sebenarnya sangatlah mudah. Kita hanya perlu mengetahui berapa harga emas murni (24 karat) saat ini. Misalkan harga emas murni (24 karat) saat ini adalah Rp.428.000/gram dan perhiasan yang akan kita beli berkadar 22 karat. 
Maka cara menghitungnya adalah:

22 karat : 24 karat x Rp. 428.000,00/gram = Rp. 392.333,33 = Rp. 392.350,00/gr (dibulatkan)

Hasil tersebut adalah harga emas sesungguhnya. Akan tetapi jangan lupa bahwa diluar harga tersebut masih ada biaya pembuatan. Semakin rumit dan semakin up to date desainnya tentu biaya pembuatannya semakin mahal.

Pernahkah anda menghitung harga emas perhiasan anda saat ini??
 
Semoga Bermanfaat.

Salam

Beli emas cuma dengan Rp.500,-!! Mau?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...