INVESTASI KOIN EMAS

 

Dikutip dari CBN CyberSHOPPING 

Saya bermaksud menabung sebagian uang gaji saya dengan membeli koin emas. Kira-kira dapatkah Ibu memberikan gambaran mengenai koin-koin emas yang beredar sekarang, misalnya yang dijual dari Perum Pegadaian, PT Antam, ataupun Bank Indonesia? Adakah tips tertentu untuk memilih koin emas yang seharusnya dibeli? Apakah penjualan kembali koin-koin tersebut bisa dilakukan di toko-toko emas biasa? Apakah dalam penjualan kembali ini nantinya mengalami penurunan harga? Dan bagaimana saran-saran ibu untuk memulai investasi dalam bentuk koin emas ini, apakah karat juga perlu diperhitungkan atau tidak?
Demikian pertanyaan-pertanyaan saya, terimakasih atas saran dan jawaban Ibu.
Kania Syaroni


Jawaban:

Halo Bu Kania,
Koin emas dan emas batangan yang ada di pasaran tersedia dalam berbagai ukuran. Untuk koin emas biasanya tersedia dalam ukuran 1gr, 2gr, 2,5gr, 5gr, dan yang terberat adalah 10gr. Sedangkan emas batangan disediakan dalam ukuran 20gr, 25gr, 50gr dan yang terberat adalah 1kg. Harga emas koin maupun emas batangan ini tidak tetap dan mengalami kenaikan maupun penurunan setiap harinya.
Emas batangan dan koin emas dapat diperoleh di kantor Pegadaian, toko perhiasan/ toko emas, dan di PT. Aneka Tambang atau disingkat PT. Antam. Kantor Pegadaian biasanya tidak menjual emas batangan dalam jumlah banyak, lebih banyak koin emas dengan cap kantor pegadaian. Membeli koin emas di Perum Pegadaian bisa dilakukan untuk tujuan Naik Haji, dimana Pegadaian mengeluarkan jenis produk yang disebut Ongkos Naik Haji (ONH) dengan tujuan membiayai perjalanan haji dengan tabungan emas. Namun pada dasarnya koin emas bisa diperjual belikan dengan bebas, artinya siapapun boleh membeli koin emas ONH walaupun tidak termasuk pergi haji.

Sedangkan toko emas pada umumnya tidak menjual koin emas namun menyediakan emas batangan dalam ukuran terbatas. Dibandingkan toko emas dan kantor pegadaian maka PT. Antam yang paling lengkap menyediakan kedua bentuk emas tersebut. Di PT. Antam sendiri harga emas diumumkan 2 kali dalam sehari yaitu pagi dan sore dan biasanya harga tersebut menjadi patokan harga emas di toko emas maupun kantor pegadaian. PT Antam adalah salah satu BUMN yang bergerak dalam usaha pertambangan. Jika Anda tertarik membeli emas dari PT . Antam , Anda bisa menghubungi unit bisnis logam mulia bagian perdagangan PT Antam untuk keterangan lebih lanjut.
Begitulah sekilas gambaran umum mengenai koin emas & emas batangan saat ini.
Siapapun boleh membeli koin emas dan emas batangan baik itu perorangan maupun perusahaan. Cara membelinya juga mudah sekali karena tidak memerlukan persyaratan tertentu. Anda cukup datang ke toko emas, kantor pegadaian, atau ke PT Antam dan membelinya di counter yang tersedia. Keuntungan lainnya dengan memiliki koin emas dan emas batangan sebagai investasi adalah sifatnya yang likuid , karena umumnya dapat diuangkan atau di jual dengan mudah diberbagai tempat di seluruh dunia baik dengan atau tanpa sertifikat. Namun untuk lebih mudahnya, lakukanlah jual beli emas di tempat atau toko yang sama, apalagi jika Anda sudah jadi langganan disitu mungkin bisa diberikan harga miring (siapa tahu?). Jangan lupa juga untuk menyimpan kwitansi pembelian atau sertifikatnya, agar lebih memudahkan Anda dalam menjualnya. Tujuan lain adalah agar Anda juga mudah mengingat berapa harga beli emas tersebut sebab tertera di kuitansi, sehingga bisa menentukan kapan saat yang tepat untuk menjualnya. Yang paling penting tentunya selalu perhatikan juga saat menjual emas tersebut apakah harga jualnya bisa menutup harga belinya.
Investasi ke dalam emas sebaiknya tidak dilakukan dalam jangka pendek (kurang dari 1 tahun), sebab kenaikan harganya belum terlalu besar, namun dalam jangka waktu lebih dari 1 tahun kenaikan harganya mungkin bisa lebih besar daripada bunga tabungan dan deposito. Sebaiknya juga tidak menginvestasikan seluruh harta tunai Anda dalam bentuk emas, sebab Anda kan tetap harus pegang uang tunai juga, jadi bagi-bagilah porsi yang tepat antara tabungan, deposito dan emas. Selain itu menyimpan emas juga jangan terlalu banyak, sebab risiko kehilangan (pencurian dan kerusakan), semakin banyak emas yang Anda simpan semakin tinggi risiko hilangnya, karena itu sebaiknya tidak meyimpan emas dalam jumlah besar di rumah, simpanah di temapt lain yang lebih aman misalnya di safe deposit box di bank. Biaya penyimpanan juga perlu dipertimbangkan, sebab semakin banyak emasnya maka Anda juga harus keluar uang untuk tempat menyimpannya, misalnya di safe deposit box di bank tadi, dimana Anda harus membayar biaya sewanya.

Selamat berinvestasi.
  Salam,

Beli emas cuma dengan Rp.500,-!! Mau?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...