APA ITU YANG DISEBUT STLE BRIS DAN HDE BSM



Harga emas selalu mengalami pergerakan baik naik atau turun. Oleh karena itu diperlukan selisih harga tafsiran gadai untuk mengatasi resiko kerugian dikarenakan penurunan harga dari emas tersebut. Kemudian ditetapkanlah sebuah standar taksiran harga yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan harga saat ini di pasaran. 

Standar taksiran inilah yang digunakan sebagai patokan harga oleh bank untuk menggadai emas kita. Di BRI Syariah patokan ini disebut sebagai STLE singkatan dari Standar Taksiran Logam Emas, yang ditentukan dari harga logam mulia di London Metal Exchange dan nilai tukar rupiah terhadap dolar. 
.
PT Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRI Syariah), menyatakan perseroan menentukan patokan harga emas sekitar 20% lebih rendah dari harga di pasar lokal. Nilai STLE selalu berubah setiap hari mengikuti pergerakan harga pasar.
Setelah menentukan STLE, maka pinjaman gadai yang bisa diberikan kepada nasabah maksimal 80% dari harga taksiran. 

PT Bank Syariah Mandiri (BSM), juga memiliki strategi serupa dalam menghadapi risiko fluktuasi harga logam mulia. 
Namun pada anak usaha PT Bank Mandiri Tbk ini menyebutnya sebagai Harga Dasar Emas (HDE) yang dihitung berdasarkan harga buyback logam mulia Antam dikurangi selisih 2%-5% 
  
HDE yang ditentukan oleh BSM relatif stabil karena harga emas di dalam negeri tidak terlalu fluktuatif, yang dipengaruhi melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar.
Rasio pembiayaan bermasalah (non performing finance/NPF) dari gadai emas juga masih kecil, bahkan mendekati 0%. 
Ini disebabkan karena perilaku dari masyarakat yang berinvestasi emas untuk jangka panjang, berbeda dengan masyarakat Eropa yang cenderung jangka pendek dengan tujuan spekulatif. 
Memang ada satu dua yang macet karena nasabah sakit atau meninggal dunia. Namun emas yang menjadi jaminan langsung kami jual ke pasar untuk melunasi pinjaman dan sisanya dikembalikan kepada nasabah atau ahli waris.
Meski demikian perseroan tidak bisa mencegah penyalahgunaan gadai emas untuk kegiatan spekulasi. Apakah hasil gadai itu digunakan untuk darurat, untuk beli mobil atau spekulasi itu yang tidak bisa dicegah.





Beli emas cuma dengan Rp.500,-!! Mau?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...